Buku 100 Tokoh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Indonesia Ganti Warna Cover!



Setelah sempat heboh dikalangan akademisi dan publik, akhirnya saya dan team memutuskan untuk menukar warna cover buku 100 Tokoh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Indonesia. Cover yang sebelumnya warna hitam pekat, kini saya ganti dengan warna Hijau lumut dengan kombinasi font warna merah putih. 

Inisiatif penggantian nama ini juga berkat masukan Chairman WSO Indonesia, Soehatman Ramli, DIPL. SM, SKM. MBA.  Cover ini bukan hasil design saya sendiri, tetapi adalah kolaborasi idea pak Soehatman dan saya serta dieksekusi oleh Crueniaone, seorang seniman dari Pontianak.

Mengapa sampai diganti warna? Tak lain dan tak bukan adalah karena sebuah insiden pada hari soft launching buku yang di adakan di Kantor Pertamina Pusat, yaitu soft copy buku sudah beredar di group-group WA, dari tangan ke tangan, baik berbayar maupun gratis. Bahkan ada lembaga konsultan yang telah menyediakan link download-nya di website mereka. 

Bang Hasan, salah satu editor buku dan saya selaku penerbit tentu saja sempat shock. Kerja keras team  selama hampir setahun (tepatnya 9 bulan) tiba-tiba diplorotin begitu saja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Buku belum saya publish, bahkan belum cetak (hanya cetak dummy 4 biji) tiba-tiba soft copy-nya sudah beredar di pasar. 

Maka begitu soft launching yang dihadri oleh para pengurus WSO internasional dan para pejabat pemerintah itu, saya langsung meminta  Crueniaone mengganti warna buku, Layout mas Bayu kita minta untuk merubah hirarki susunan buku. Tentang buku ini sebenarnya telah dipublikasikan sejumlah media termasuk Mine Safety, yaitu media khusus keselamatan Pertambangan (KP) di Indonesia dan di media theprint.id.  

Eh, ternyata setelah memilih warna hijau seperti yang tampak pada gambar dan ditangan para pembaca  saat ini, malah saya merasa ia tambah keren, dengan kombinasi font warna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia, malah tambah kereeeen!

Jadi setiap peristiwa, meskipun agak menyakitkan malah melahirkan sesuatu yang lebih baik. Tinggal deg-degan, soal jumlah oplah buku yang terjual di pasar setelah ini, sambil menanti Grand Launching buku pada 17 Agusuts 2022 mendatang. 

Ohya berisi apa buku ini dan tentang apa,  Anda bisa membaca pengantar saya mengenai buku ini  klik di link berikut

   

0 Comments

An encouraging quote from me:

"Something I know that you don't know, something you know that I don't know, that's why life is so important and beautiful to be written."