Buku BRWA 9 Potret Wilayah Adat


Dalam proses registrasi dan verifikasi wilayah adat, BRWA melakukan kajian dan dokumentasi beberapa aspek penting yang menunjukkan keberadaan masyarakat adat dan wilayah adatnya, diantaranya sejarah, demografi dan geografi, sistem tenurial dan pengelolaan wilayah adat, kelembagaan dan hukum adat, serta keanekaragaman hayati. Data tabular, spasial dan narasi inilah yang ditulis kembali dan disajikan menjadi buku “9 POTRET WILAYAH ADAT”.

Buku ini merupakan Seri Pertama narasi profil wilayah adat yang disajikan berdasarkan dokumen hasil verifikasi BRWA. Sembilan profil wilayah adat dalam buku ini meliputi wilayah adat Ammatoa Kajang (Kabupaten Bulukumba), Ngata Ona (Kabupaten Sigi), Huta Sihaporas (Kabupaten Simalungun), Wewengkon Pasir Eurih (Kabupaten Lebak), Ngata Lindu (Kabupaten Sigi), Mukim Kunyit (Kabupaten Pidie), Ngata Marena (Kabupaten Enrekang), Kenegerian Gajah Bertalut (Kabupaten Kampar), Gelarang Colol (Kabupaten Manggarai Timur). Beberapa wilayah adat tersebut sudah mendapat pengakuan dari pemerintah daerah dan juga pengakuan hutan adat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebagian yang lain masih dalam proses rekognisi atas wilayah adat dan hutan adatnya.

Buku ini dapat diunduh di link ini

Selamat membaca !

0 Comments

An encouraging quote from me:

"Something I know that you don't know, something you know that I don't know, that's why life is so important and beautiful to be written."