Para Penerima Hadiah Buku dari Bill Kovack

Kepada yang terhormat:
Sdr. Ahmad Yunus (Playboy)
Sdr. Erna Mardiana (Bloomberg)
Sdr. Alexander Asriyadi Mering (Borneo Tribune)
Sdr. Nani Afrida (The Jakarta Post)
Sdr. Samiaji Bintang (Pantau)
Sdr. Yuli Ahmada (Surya)
Dengan hormat,
Bill Kovach dari Committee of Concerned Journalists bermaksud mengirimi
langsung enam orang wartawan muda di Indonesia buku "Sembilan Elemen
Jurnalisme" lengkap dengan tandatangannya. Tujuannya, memuji kerja mereka
sekaligus memacu keenam orang ini bekerja lebih baik.
Memang harga buku ini tak seberapa. Juga ongkos kirimnya, bolak-balik
Jakarta-Washington. Tapi saya suka sekali ide Kovach untuk memberikannya
langsung kepada enam wartawan muda itu. Dia akan langsung kirim dari
Washington DC ke alamat masing-masing dengan tangannya sendiri. Dia minta
saya membantunya mencari enam orang itu.
Siapa tahu kelak orang muda ini bisa jadi trainer, melanjutkan cita-cita
Bill Kovach dalam meningkatkan mutu jurnalisme.
Saya ingin memberikan nama-nama Ahmad Yunus (Playboy), Erna Mardiana
(Bloomberg), Alexander Asriyadi Mering (Borneo Tribune), Nani Afrida (The
Jakarta Post), Samiaji Bintang (Pantau) dan Yuli Ahmada (Surya).
Saya yakin di luar enam orang ini masih ada wartawan muda lain, atau orang
media, yang menunjukkan dedikasi dan bakatnya secara luar biasa. Keenam
orang ini kebetulan saja bisa saya pantau perkembangan karyanya.
Misalnya di Bandung, saya tahu Erna Mardiana dari Detikcom menuliskan
laporan soal Aa Gym kawin lagi ketika Gym suka bicara monogami (Eva
Danayanti memberitahu saya bahwa Erna pindah ke Bloomberg). Saya juga tahu
bagaimana Ahmad Yunus mengikuti dan menulis soal Ibaruri Aidit, putri
almarhum D.N. Aidit.
Saya salut dengan keberanian Alexander Mering di Pontianak ketika ikut
memimpin perlawanan terhadap manajemen harian Equator yang sewenang-wenang.
Di Aceh, saya lihat Nani Afrida konsisten dengan karya-karyanya sementara
Samiaji Bintang juga menunjukkan dedikasi dan kecintaan terhadap jurnalisme.
Di Surabaya, saya lihat Yuli Ahmada juga memperlihatkan karya serius,
panjang-panjang di harian Surya.
Kalau Anda tak keberatan dengan pilihan ini, bisakah saya dikirimi alamat
lengkap Anda (termasuk kode pos). Alamat-alamat ini akan saya kirim ke
Washington DC agar Kovach bisa langsung kirim via pos.

Selamat bekerja. Terima kasih.
Andreas Harsono
Pantau


0 Comments

An encouraging quote from me:

"Something I know that you don't know, something you know that I don't know, that's why life is so important and beautiful to be written."